Sunday, September 18, 2011

Prinsip Kebutuhan Dasar Pada Manusia

HOMEOSTASIS DAN HOMEODINAMIK

Homeostasis
Homeostasis  adalah suatu prosos yang terjadi secara terus menerus untuk memelihara stabilitas dan beradaptasi terhadap kondisi lingkungan sekitarnya.

Homeostasis terdiri atas 2 macam yaitu homeostasis fisiologis dan psikologis.
homeostasis fisiologis terjadi melalui 4 cara sebagai berikut:
1. pengaturan diri
secara otomatis cara ini akan terjadi pada orang yang sehat.
2. kompensasi
tubuh akan cenderung akan bereaksi terhadap ketidaknormalan dalam tubuh
3.Umpan balik negatif, cara ini merupakan penyimpangan dari keaadaan normal, cara ini merupakan penyimpangan dari keadaan normal. dalam keadaan abnormal tubuh akan secara otomatis akan melakukan mekanisme umpan ballik negatif untuk menyeimbangkan penyimpangan yang terjadi.
4. Umpan balik positif untuk mengkoreksi ketidakseimbangan fisiologis .

homoestasis psikologis bberfokus kepada keseimbangan emosional dan kesejahteraan mental. proses ini di dapat dari pengalaman hidup dan interaksi dengan orang lain serta di pengaruhi oleh norma dan kultur masyarakat.

Homeodinamik
Homeodinamik merupakan pertukaran energi antar manusia dan lingkungan sekitarnya secara terus menerus. pada proses ini manusia tidak hanya melakukan penyesuaian diri, melainkan bberinteraksi dengan lingkungan agar mampu mempertahankan hidupnya.
dalam proses homeodinamik, terdapat beberapa prinsip menurut teori Rogers sebagai berikut :
1.Prinsip Integral yaitu prinsip utama dalam hubugan yang tidak dapat di pisahkan antara manusia dengan lingkungan.selalu ada interaksi terus menerus antara manusia dengan llingkungan.
2. Prinsip Resonansi yaitu prinsip bahwa proses kehidupan manusia selalu berirama dan frekuensinya selalu bervariasi karenna manusia memiliki pengalaman beradaptasi dengan lingkungannya.
3. Prinsip Helicy, yaitu prinsip bahwa setiap perubahan dalam proses kehidupan manusia berlangsung perlahan-lahan dan terdapat hubungan antara manusia dan lingkungan.

KONSEP KEBUTUHAN DASAR PADA MANUSIA
Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam menjaga keseimbangan baik secara fisiologis maupun secara psikologis.

Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Abraham Maslow
Abraham Maslow mengungkapkan teori Hierarki kebutuhan yang menyataakan bahwa setiap manusia memiliki 5 kebutuhan dasar yaitu :
1. Kebutuhan fisiologis, merupakan kebutuhan yang paling utama yang di miliki oleh setiap manusia seperti makan, minum, mmenghirup oksigen, beraktifitas, istirahat dan tidur.
2. Kebutuhan rasa aman da perlindungan, di bagi menjadi 2 yaitu perlindungan fisik dan mental.
a.perlinndungan fisik meliputi perlindungan atas kekerasan fisik, penyakit, kecelakaan, bahaya dari lingkungan
b.perlindungan psikologis yaitu perlindungan atas ancaman,kekhawatiran trauma, dll.
3. Kebutuhan rasa cinta, yaitu kebutuhan untuk memiliki dan di miliki, membberi dan menerima kasih sayang, kehangatan dan persahabatan. mempunyai keluarga dll.
4. Kebutuhan harga diri, maupun persaan ingin di hargai oleeh orang lain, untuk meningkatkan percaya diri juga status sosial dirinya.
5. Kebutuhan aktualisasi diri.merupakan kebutuhan paling tertinggi di piramida hierarki maslow, berupa kebutuhan untuk berkontribusi kepada orang lain /lingkungan serta mencapai potensi diri sepenuhnya.

Ciri Kebutuhan Dasar pada Manusia
Manusia melikiki kebutuhan dasar yang heteerogen, pada daarnya, setiap orang memiliki kebutuhan yang samatetapi karena faktor perbedaan budaya, maka kebutuhan tersebutpun ikut berbbeda. dalam memenhi kebutuhannya, manusia mennyesuaikan diri dengan prioritas yang ada, dan jika gagal, manusia akan berusaha lebh keras untuk memenuhi kebutuhannya.

Faktor yang Mempengaruhi Pemenuhan Kebutuhan Dasar pana Manusia
1. Penyakit, adanya penyakit di dalam tubuh akn menyebabkan perbedaan kebutuhan baik secara fisiologis maupun psiikologis, karena beberapa organ tubuh akan memerlukan perlakuan yang berbeda, tidak seperti biasanya.
2. Hubungan keluarga, hubungan keluarga yang baik akaan meningkatkan kebutuhan dassar karena adanya saling percaya, merasakan kesenangan hidup, tidak ada rasa curiga, dll.
3. Konsep diri, konsep diri manusia berpengaruh besar  dalam pemenuhan kebutuhan dasar, konsep diri yang positif akan menghasilkan pribadi yang sehat, perasaan positif untuk dirinya, konsep diri negatif akan menghasilkan pribadi yang mudah berubah dan tidak konsisten.
4. Tahap perkembangan.
a. sejalan dengan meningkatnya usia, usia mempengaruhi kebutuhan dasar yang di perlukan.
b. berbagai fungsi organ tubuh mengalami proses kematangandengan aktifitas yang berbeda pada setiap tahap perkembangannya.
c. setiap tahap tersebut memiliki pemenuhan kebutuhan yang berbeda, baik kebutuhan biologis, psikologis, sosial, maupun spiritual.

Cari Artikel Lainnya Disini,,


Artikel Terkait:

Like dan Berikan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More