Tuesday, August 9, 2011

5 Benang Merah Dasar Dalam Asuhan Kebidanan

1. Pengambilan keputusan
Menjadi seorng bidan harus konsisten, harus sesegera mungkin mengambil keputusan apa A atau B supaya penanganan pasien tidak akan terlambat. 

2. Asuhan sayang ibu dan bayi
Seorang bidan harus memiliki jiwa penyayang dan sensitif terhadap pasiennya, apa jadinya jika seorang bidan tidak memiliki sifat penyayang, pasti pasien tidak akan merasa nyaman dengan perlakuan bidan tersebut.

3. Pencegahan infeksi
Bdan harus bisa mencegah hal-hal yang beresiko infeksi,sebagai contoh,sering dilakukan orang tua dahulu adalah melakukan sunat terhadap bayi wanita yang baru lahir, padahal sesungguhnya hal tersebut tidak boleh dilakukan karena bisa menimbulkan infeksi.

4. Pendokumentasian
Pendokumentasian dilakukan bidan bertujuan agar bidan memiliki rekam medis apa saja tindakan yang sudah dilakukan terhadap pasien, bila sewaktu-waktu ada pasien meninggal dan menuntut bidan tersebut.pendokumentasian tersebut sebagai bukti bahwa bidan tersebut telah melakukan tindakan sesuai dengan standar oprasional yang benar.

5. Rujukan
Rujukan dilakukan oleh bidan jika ada suatu hal yang sudah bukan menjadi wewenang bidan. Biasanya, bidan akan memberi rujukan ke dokter spesialis kandungan agar dapat di diagnosa lebih lanjut.

Sumber : Perkuliahan Semester 1 minggu pertama Akbid YPSDMI Garut

Cari Artikel Lainnya Disini,,


Artikel Terkait:

Like dan Berikan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More