Monday, August 8, 2011

Inilah Sebabnya Bayi Menangis

Menangisnangih pada bayi merupakan salah satu cara bayi untuk berkomunikasi dan meminta pertolongan dari diri anda. Namun, jika ia menangis terus - menerus, itu akan membuat orang tua khususnya ibu menjadi cemas. Menggendong dan memberi ASI terkadang belum cukup untuk menghentikan tangisan si buah hati. Maka dari itu, kita perlu tahu dan memahami arti tangisan bayi tersebut. Bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa tips berikut ini.

Terdapat sejumlah penyebab mengapa bayi menangis. Dan terdapat sejumlah langkah yang perlu anda ambil untuk mengatasi hal ini.

Bayi Lapar
Ini adalah penyebab bayi menangis yang paling umum. Untuk itu segeralah anda memberinya ASI atau susu formula bayi, khususnya ketika anda belum memberi bayi anda ASI atau susu formula selama rentang waktu dua hingga tiga jam (bergantung pada usia dan bera bayi anda).

Bayi Haus
Beri bayi anda air matang yang dingin, terutama bila cuaca sangat panas. Rasa haus ini juga dapat diakibatkan karena ia terserang demam.

Bayi Kepanasan/kedinginan
Bila leher belakang bayi anda terasa panas, sangat boleh jadi suhu ruangan terlalu panas. Bila demikian, lepas bajunya. Sebaliknya, bila tangan dan kaki bayi anda terasa sangat dingin, tambahkan tilam tidurnya da n beri tambahan baju dan tubuhnya lebih hangat.

Popok kotor
Ganti segera popoknya apabila popoknya kotor atau basah. Ini sangat penting diperhatikan mengingat popok yang kotor dapat menyebabkan bayi anda terserang gatal-gatal.

Bayi Bosan
Coba gendong bayi anda. Coba pula anda berbicara padanya dan bawa bayi anda ketempat lain dimana ia dapat melihat suasana yang lain.

Bayi Merasa sakit
Dalam hal ini anda mesti mengetahui sumber penyebab rasa sakitnya. Rasa sakit itu dapat disebabkan oleh antara lain sakit perut, gigi yang mau tumbuh atau serangan penyakit lain.

Bayi merasa takut dan perasaan lain
Bayi menangis dapat pula karena ia mendengar suara menakutkan, melihat orang asing atau karena mainannya jauh dari jangkauannya. Dalam hal ini anda dapat menghentikan tangisnya dengan menggendongnya dan menghiburnya.

Bayi Lelah
Bayi menangis karena sangat boleh jadi ia lelah dan ingin cepat tidur. Gendong dan peluklah ia untuk menenangkannya.

Stimulasi yang berlebihan
Suara gaduh yang terus-menerus atau aktivitas yang berlebihan dapat membuat bayi anda tidak tahan dan akhirnya menangis. Kalau itu terjadi, segera bawa bayi anda ketempat yang lebih tenang.

Bayi ingin dipeluklove
Bayi-bayi memerlukan intensitas pelukan sangat banyak. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak memeluk si kecil.

Semoga bermanfaatbabai

Sumber : bidanku.com

Cari Artikel Lainnya Disini,,


Artikel Terkait:

Like dan Berikan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More