Thursday, August 11, 2011

Ubun - ubun Bayi (Konsultasi)

Pertanyaan :
"Halo Dokter,
saya ada yang ingin saya tanyakan.
Saya punya bayi berumur 4 bulan ( lahir tgl 21 Maret 2010 ) beberapa hari ini saya meraba kepalanya pas di ubun2 kog menonjol ya?tapi masih lembek dok, tidak keras.apa itu wajar?( mudah2 an tidak apa2 ya dok)
Saya browsing2 di internet tentang gejala meningitis / kanker otak. salah satunya ubun2 yang menonjol. Tapi di web di jelaskan gejala2 lainnya yaitu bayi tidak mau menyusu, tidak aktif, muntah. Bayi saya tidak mengalami gejala2 seperti itu.hanya ubun2 nya saja yang menonjol, dia aktif, mau minum susu ( susu formula karena ASI saya tidak keluar ).
Apakah ubun2 yang menonjol itu wajar karena dia masih bayi dok?

Mohon dokter penjelasannya.saya sangat berterimakasih"

Intan

by: intan 09-08-2010

Jawaban :
bu intan, saya akan mencoba menjawab pertanyaan ibu. ubun2 bayi memang sewajarnya agak menonjol dan bila dipegang lembek seperti berdenyut, hal itu dikarenakan tulang2 kepala bayi belum menyatu secara sempurna. bu intan juga tidak perlu khawatir karena bayi ibu tidak menunjukan gejala klinis meningitis lainnya. akan tetapi bila ibu merasa hal itu tidak wajar, atau ada benjolan di kepala yg smakin membesar sebaiknya bayi ibu diperiksakan ke dokter anak agar mendapat kejelasan. semoga jawaban dari saya bermanfaat.
by: Widya, Am.Keb 11-08-2010


Cari Artikel Lainnya Disini,,


Artikel Terkait:

Like dan Berikan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More