Thursday, August 11, 2011

Perbedaan darah haid & darah keguguran di awal kehamilan (Konsultasi)

Pertanyaan :
"Dear ibu2 bidan & calon bidan yg saya hormati..
Saya melahirkan tgl 6 januari 2011, stlh lewat nifas 40 hari tgl 15 februari 2011, saya kembali mengeluarkan darah yg saya anggap haid pertama tgl 22 februari 2011 tp haidnya tdk lama hanya sekitar 2-3 hari, dimana biasanya sebelum menikah saya haid bisa sampai 6-7 hari.
Stlh itu saya telat haidnya sampai 11 hari yt baru haid lagi hari ini tgl 06 april 2011.
Sebagai informasi, sebelum menikah saya biasanya telat haid seminggu, tp pernah jg telat sampai sebulan tp itu rasanya cuma 1 kali.


Yang ingin saya tanyakan,
1. Apakah darah yg keluar pada tgl 06 april 2011 benar2 darah haid atau darah keguguran?? karena saya belum sempat tespect..


2. Apakah perbedaan darah haid & darah keguguran di awal kehamilan??"


Terima kasih atas bantuannya..


Best Regards
Nismawati
by: nismawati 06-04-2011

Jawaban 1:
Sebagai informasi bahwa pada ibu menyusui kesuburan biasanya lebih lama untuk pulih dibandingkan dengan yang tidak menyusui.
Bila pada tanggal 6 April anda keluar darah bisa saja merupakan darah hadi karena masa nifas anda sudah selesai.
Ibu jangan khawatir... karena siklus mensturasinya beberapa waktu belum teratur. Insya Allah beberapa bulan ke depan akan kembali seperti biasa.

Ibu...kalau darah haid itu hanya keluar seperti darah biasanya merah kecoklatan, banyak, tidak ada jaringan (buah kehakimlan) yang keluar. sedangkan darah keguguran itu disertai dengan mules atau sakit bagian perut bawah, pendarahan banyak, disertai jaringan (buah kehamilan.

Semoga informasi ini bisa membantu.
by: Novi Irma M, SST. 08-04-2011


Cari Artikel Lainnya Disini,,


Artikel Terkait:

Like dan Berikan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More