Tuesday, August 9, 2011

HypnoBirthing, Teknik Melahirkan Minus Rasa Takut

Hypnobirthing adalah gabungan dari dua kata yaitu hypnosis dan birthing.
US. Dept. of Education, Human Services Division mendefiniskan: "Hypnosis is the bypass of the critical factor of conscious mind and followed by the establishment of acceptable selective thinking" atau hipnosis adalah penembusan faktor kritis dari pikiran sadar dan diikuti dengan diterimanya suatu ide atau pemikiran. Sedangkan birthing artinya persalinan atau melahirkan. Jadi, hypnobirthing adalah proses persalinan yang menggunakan bantuan kondisi hipnosis.
Hypnobirthing merupakan suatu metode yang dikhususkan untuk wanita hamil dengan melakukan relaksasi mendalam, bertujuan untuk mempersiapkan proses kelahiran normal yang lancar,nyaman dengan rasa sakit yang minimum, karena mampu memicu hormon endorphin yang merupakan hormon penghilang sakit alami tubuh.
Rasa sakit, sebenarnya timbul dari ketegangan, dan ketegangan itu sendiri timbul dari sugesti yang diterima seseorang sebelum melahirkan seperti cerita - cerita bahwa melahirkan itu sakit luar biasa. Dengan metode hipnotis, sugesti tersebut diubah menjadi positif, sehingga ketegangan pun akan minim dan hampir tanpa rasa sakit.
Berlatih hypnobirthing seperti halnya belajar naik sepeda. Semakin sering dilakukan, maka semakin mahirlah dalam memasukkan program ke alam bawah sadar, sehingga saat proses persalinan berlangsung, ibu tetap tenang dan proses berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, latihan hypnobirthing paling bagus jika dilakukan sejak awal kehamilan. Namun tidak ada kata terlambat karena begitu dasar hypnotherapy sudah dikuasai, maka kita dapat menerapkan untuk semua aspek kehidupan.
Berikut adalah video salah seorang wanita yang melahirkan dengan hypnobirth,semoga bermanfaat,,

Cari Artikel Lainnya Disini,,


Artikel Terkait:

Like dan Berikan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More