Thursday, August 11, 2011

Apakah Haid atau Keguguran? (Konsultasi)

Pertanyaan :
"Saya baru menikah tanggal 18 Juni 2011. Tanggal 28 Mei- 4 Juni 2011 saya haid. setelah usia pernikahan sekitar 8 hari terdapat bercak darah. saya kira akan haid ternyata bukan. itu darah apa ya? kemudian saya sering buang air kecil dan suhu badan saya naik. Biasanya haid saya teratur, harusnya skitar tgl 28 Juni haid lagi. tapi ternyata sampai tgl 4 Juli saya belum haid. tgl 4 juli malam, saya merasakan perut bagian bawah nyeri kram. tgl 5 juli pagi pukul 9.00 saya mengluarkan darah. agak sedih jg, krna saya ingin segera hamil. darah yg keluar sangat merah pekat dan menggumpal. biasanya jg kalau haid kadang2 begitu. tapi kali ini, kok disertai nyeri perut sebelum darah haid keluar ya? biasanya tdk demikian. apakah saya haid/keguguran? saya belum berani periksa."
by: ika 06-07-2011

Selamat Pagi Mba Ika
Sebelumnya saya ucapkan selamat atas pernikahannya
Setelah saya membaca keterangan yang sudah saudara jelaskan maka memang belum dapat ditarik kesimpulan yang pasti.
Ada beberapa kemungkinan-kemungkinan, yang pertama adalah saudara haid dengan perubahan siklus haidnya menjadi memanjang disertai dengan dismenorrhoe atau sakit pada saat haid, kemungkinan yang kedua adalah terjadi keguguran pada usia kehamilan yang masih muda. Saran saya untuk memastikan dilakukan pemeriksaan USG agar dapat terihat pasti penyebab perdarahan. Saran saya yang kedua saudara perhatikan apakah haid tetap berlanjut dan berhenti sesuai dengan jumlah hari haid seperti biasanya berarti itu hanyalah haid biasa.
Demikian, semoga bermanfaat.
by: Telli L, Amd.Keb.,SKM 08-07-2011

Cari Artikel Lainnya Disini,,


Artikel Terkait:

Like dan Berikan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More